free simple website templates

Cerita saya!

Oleh Taufik Nur Bachtiyar

Hobi Hingga Sekarang . Penggiat Komputer sejak 2003 Usia 10 Tahun, belajar otodidak tanpa bimbingan guru. Mencoba semua bahasa pemrograman tingkat rendah hingga tinggi. Mulai dari assembly, C#, C++, Java, HTML, Python hingga saat ini dart. Namun seiring berjalanannya waktu mulai memilah apa saja yang perlu saya kuasai terutama berkaitan dengan project yang akan saya buat nantinya.

Awal tertarik pada komputerisasi dimulai ketika pertama kali dibelikan perangkat SIEMENS M50 dengan teknologi 2G. Dalam perangkat tersebut tersedia world wide web dengan sentuhan layar mono, saya terinpirasi dan mencoba mempelajari hingga saya menginjak kelas 6 Sekolah Dasar. Saya mencoba membuat laman pertama saya pada sebuah platform blog perintis pertama sebelum blogger/blogspot lahir, Yaitu blog.com dengan domain saya taufiknurbachtiyar.blog.com dengan content pelajaran sekolah, namun sayang blog.com telah dihentikan layanannya. Dan saya beralih menggunakan blogspot hingga sekarang.

Pada bangku SMP saya mencoba membuat berbagai macam jenis trap web dengan memanfaatkan javascript dengan tujuan iseng. Saya membuat berbagai macam trap berbekal komputer warnet dan laboratorium sekolah secara native. Mulai membuat sesuatu yang lebih berbahaya dengan python untuk membuat backdoors aplikasi autorun trojan dll yang sebenarnya hanya untuk pamer kepada teman teman. Berbekal HP symbian Nokia 6600 memulai debut saya mempelajari c++ & java,  membuat fake app untuk mematikan layar ponsel hingga mereset paksa. Masa labil saya dipenuhi dengan kejahilan dan keisengan yang sia sia.

Game Bebek C#, Kelas 2 SMP saya membeli sebuah buku C# yang dulu saya pikir sama dengan C++ namun ternyata serupa tetapi tak sama. Berbekal buku tersebut saya mencoba membuat game Desktop windows XP menggunakan full code C# dengan grafik full biner. Game unlimited sederhana tidak mengenal level dan sekor membutuhkan waktu saya hingga kelas 3 SMP. Namun selama itu saya tetap memperdalam ilmu HTML, JAVA, Javascript XML dan CSS untuk blog saya.

Masa Sulit. Kebutuhan dana untuk melanjutkan sekolah dan persiapan ujian nasional, dimana saya adalah anak yang tidak tinggal bersama orang tua kandung, tetapi dititipkan pada Nenek saya. Berbeda dengan sodara saya yang tinggal bersama orang tua dan tidak ada masalah dalam keuangan. Untuk membantu Nenek, saya membuat Toko service Kendaraan Sepeda Motor & Toko service Elektronik bersama teman sekolah lain saya berada di SMP1 teman saya di SMP3. Usaha nekat ini berbekal belajar dari Internet. Saya cukup populer di daerah saya karena dapat bergaul dengan berbagai anak dari sekolah lain, sehingga usaha saya cukup untuk saya membayar sekolah dan melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Selama saya bekerja, sodara saya les Komputer Ganesha Kawunganten. Saya pun meminta kepada orang tua saya untuk ikut les, namun berbagai alasan orang tua, saya tidak di leskan. Disitu saya tidak putus asa, justru menjadi penyemangat saya untuk bisa menguasai komputer lebih dari seorang yang les komputer. Ketika saya menginjak SMA saya menutup bengkel saya dan mulai berkerja sambil belajar di Warnet Intoko Net Kawunganten, pemiliknya adalah seorang guru STM Teknik, terimakasih kepada mas Nanang, ini adalah kewajiban belajar dari beasiswa saya di SMA. Di pekerjaan baru itu saya meracik komputer sebaik mungkin di zamannya untuk dapat bersaing dengan warnet lain. Saya masih ingat menggunakan billing dholpin dimana masih memiliki kerentanan untuk menghentikan waktu atau login paksa. Sehingga saya memodifikasinya dibagian celah port keamanan pada localhost kami. Cara ini efektif dan ada 3 warnet lain di daerah saya meminta melakukan modifikasi biling mereka. Hasilnya cukup lumayan.

Dari hasil pendapatan tersebut, saya memutuskan meninggalkan beasiswa SMA Yos Sudarso Cilacap dan pindah ke SMA Swasta Raksana Medan. Ini menjadi batu loncatan saya dengan memilih sekolah yang aktif dalam kegiatan praktikum. Di SMA Raksana saya berkerjasama dengan beberapa siswa SMK Raksana menciptakan beberapa piranti dengan mikrokontroler. Dimana saya membuat mikrokontrolernya menggunkan arduino dan tim lain membuat platform terapannya. Akhirnya terciptalah jemuran pintar dengan sistem otomatis menyimpan pakaian jika hujan ataupun gelap dengan prinsip sensor hydro dan cahaya, namun dikarenakan saya siswa SMA, saya tidak mendapat ijin mengikuti pameran teknologi tersebut.

Lulus SMA dengan nilai terbaik di matapelajaran FISIKA, KIMIA, dan Komputer. Sesuai test psikologi saya disarankan kuliah di teknik. Saya pun mendaftarkan kuliah menggunakan surat rekomendasi sekolah di Institute Teknologi Bandung dan Universitas Sumatera Utara. Tetapi saya hanya lulus di ITB. Namun pembayaran pertama cukup memberatkan saya sehingga saya mengambil kuliah di Universitas Dharma Agung Medan. Satu tahun berselang, saya mulai tidak dapat membayar kuliah saya di semester 3. Saya vakum dan mengikuti seleksi beasiswa bidikmisi, saya menargetkan kampus yang mudah untuk dapat masuk bidikmisi yaitu Universitas Dharmawangsa Medan, dan benar saya di posisi sekor teratas dalam seleksi. Tiba memilih fakultas, doorr ternyata UNDHAR tidak menyedikan fakultas Eksata terkecuali perikanan. Akhirnya saya memilih Fakultas Akuntansi.

Perkuliahan pertama saya selalu aktif pada Pengantar Ilmu Hukum. Dan ternyata dosen saya (alm Prof.Dr. Subanindya Hadiluwih) adalah teman akrab Rektor UNDHAR Dr. Kusbianto SH, M.Hum. Sebagai mahasiswa Ekonomi bukan Hukum. Saya diminta menjadi asisten ahli beliau dalam bidang hukum. Kami menyelesaikan masalah-masalah hukum agraria PTPN III pada berbagai kebun perkebunan seperti Kebun Rambutan, Bandar Betsy dll. Dimana terjadi sengekata HGU Perkebunan. Hasil penyelesaian ini ditulis dan diterbikan sebagai disertasi Dr. Kusbianto dan journal internasional. Saya pun diangkat dan ditawari pekerjaan sebagai Kepala Pusat Sistem Informasi (PSI) UNDHAR pada saat saya masih kuliah Semester 4. Ini cikal bakal saya mempelajari sistem jaringan dan server. to be continue

Address:

Jl.Utama No. 157, Kota Medan. North Sumatera

Phone:

(+62) 877 6622 6999

E-mail:

admin@sumberbuku.com

Working Hours:

8.00 WIB GMT +7 Format 24.00